Saat ini seluruh bagian dunia sedang mengalami masa pandemik, masa yang terasa berat bagi semua orang. Dampak dari pandemik ini dirasakan di semua sektor usaha. Salah satu dampaknya adalah pengurangan pegawai hingga tutup usaha karena tidak lagi menguntungkan untuk dipertahankan. Budi pekerti yang luhur merupakan salah satu karakter yang ditanamkan di Universitas Teknologi Surabaya, salah satu bentuknya adalah memiliki empati atau kepedulian sosial kepada sesama.

Pada hari Jumat tanggal 15 Mei 2020, Universitas Teknologi Surabaya mengadakan kegiatan Bakti Sosial dalam bentuk pembagian 80 paket sembako sebagai salah satu bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis Universitas Teknologi Surabaya ke-32 dan bentuk kepedulian sosial bagi warga sekitar kampus yang terkena dampak pandemi. Kegiatan ini ditujukan bagi masyarakat sekitar kampus, di area Balongsari Praja dan sekitarnya dengan tetap memperhatikan protokol yang ada dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sesuai dengan arahan dari pihak yang terkait. Sistem pembagian dengan menggunakan kupon yang sudah dibagikan sebelumnya dan menggunakan sistem antrian bergilir sehingga tidak terjadi penumpukan massa.  

Kegiatan berlangsung lancar dan tertib mulai pukul 15.00-16.00 diikuti oleh civitas akademika seperti dosen, karyawan, dan mahasiswa.